Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee

Informasi Lengkap Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee Agar Lebih Mudah dan Praktis

Shopee adalah salah satu marketplace terbesar yang sudah banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas jual-beli online. Melalui shopee, kalian bisa melakukan aktivitas jual-beli dengan mudah dan praktis. Apalagi dengan tersedianya berbagai jenis metode pembayaran. Dan yang paling banyak dicari dan digunakan orang adalah metode COD alias bayar di tempat.

Nah, pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan kalian sedikit penjelasan tentang Informasi Lengkap Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee Agar Lebih Mudah dan Praktis yang didalamnya terdapat beberapa informasi terkait tentang cara mengaktifkan fitur COD di Shopee lengkap beserta dengan persyaratannya. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee

Dengan disediakannya metode pembayaran COD atau bayar di tempat, membuat kalian bisa melakukan aktivitas belanja online menjadi lebih tenang dan aman, sebab pembayaran dilakukan tepat ketika barang atau produk yang kalian beli sampai kepada kalian. Tidak hanya menguntungkan kalian sebagai pembeli, metode pembayaran COD juga memberikan keuntungan bagi penjual, sebab banyak orang yang akan belanja di toko kalian.

Bagi kalian pembeli, untuk menggunakan fitur COD di shopee bisa dilakukan dengan memilih metode pembayaran COD pada saat melakukan checkout ketika akan berbelanja. Sementara bagi penjual, kalian bisa mengaktifkan fitur COD di shopee melalui akun shopee kalian.

Buka aplikasi shopee di smartphone kalian, lalu pilihlah menu “Saya” dan lanjutkan dengan memilih “Toko Saya”. Kemudian, pada halaman toko pilihlah menu “Pengaturan Jasa Kirim”. Selanjutnya, pilih dan ceklistlah jasa kirim yang ingin kalian aktifkan fitur COD nya (sejauh ini jasa kirim yang menyediakan pembayaran secara COD adalah J&T, Shopee Express dan ID Express). Jika sudah, aktifkanlah metode pembayaran COD nya, lalu pilihlah menu “Simpan” untuk menyelesaikan prosesnya.

Dengan mengaktifkan fitur COD di shopee, maka kalian bisa menarik lebih banyak pembeli untuk belanja di toko kalian, karena kebanyakan orang masih lebih memilih untuk melakukan pembayaran dengan cara COD. Selain untuk menghindari dari penipuan, metode pembayaran COD juga memudahkan kalian yang tidak memiliki rekening atau tinggal di daerah terpencil.

Persyaratan Untuk Menggunakan COD di Shopee

Untuk kalian yang ingin bisa menikmati dan menggunakan fitur COD di shopee, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus kalian penuhi dan lengkapi. Beberapa persyaratannya tersebut diantara, seperti pastikan daerah atau tempat kalian dapat dijangkau oleh kurir atau ekspedisi yang menyediakan layanan fitur COD. Untuk jasa kirim yang menawarkan dan menyediakan layanan fitur COD sejauh ini ada J&T, Shopee Express dan ID Express.

Pastikan pula, bahwa toko atau tempat kalian akan melakukan telah mengaktifkan layanan fitur COD. Bagi pembeli, kalian diwajibkan untuk melakukan pembayaran kepada kurir ketika barang datang, dan kalian baru boleh menerima dan membuka paketnya setelah melakukan pembayaran. Jumlah pembayaran maksimal yang bisa dilakukan melalui metode pembayaran COD sebesar Rp. 3.000.000.

Bagi pembeli yang kedapatan tidak mau melakukan pembayaran ketika barangnya telah diantarkan dua kali kirim dalam enampuluh hari, maka akun kalian akan diblokir oleh pihak shopee dari sistem pembayaran COD, sehingga kalian tidak akan bisa lagi menggunakan layanan fitur pembayaran COD.

Setiap kali kalian memilih untuk menggunakan metode pembayaran COD, maka kalian sebagai pembeli akan dikenakan biaya tambahan penanganan yang disesuaikan dengan jumlah pembelanjaan yang kalian lakukan. Untuk penggunaan fitur COD pertama hingga keenam bebas biaya penanganan, sementara untuk penggunaan ketujuh dan seterusnya akan dikenakan sebesar 3%. Dan untuk dropshipper dan pembelian melalui browser akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.

Itulah artikel Informasi Lengkap Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee Agar Lebih Mudah dan Praktis yang sudah dirangkum oleh tim BDN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang cara mengaktifkan fitur COD di Shopee lengkap beserta dengan persyaratannya. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.