Kartu ATM Disable

Apakah Artinya Kartu ATM Disable dan Bagaimana Cara Mengatasinya dengan Mudah

Kehadiran kartu ATM sebagai salah satu layanan yang diberikan oleh Bank telah memberikan banyak kemudahan bagi kalian, nasabahnya. Salah satunya adalah kalian tidak perlu membawa banyak uang tunai atau cash ketika bepergian karena kalian bisa mengambil uangnya dengan mudah dan cepat di mesin ATM yang tersedia. Namun, bagaimana bila kartu ATM kalian bermasalah? Misalnya seperti kartu ATM disable.

Nah, pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan kalian sedikit penjelasan tentang Apakah Artinya Kartu ATM Disable dan Bagaimana Cara Mengatasinya dengan Mudah yang didalamnya terdapat beberapa informasi terkait tentang pengertian kartu ATM disable lengkap beserta dengan cara mengatasinya dengan mudah. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kartu ATM Disable

Sesuai dengan namanya, disable yang berasal dari Bahasa Inggris dimana dalam Bahasa Indonesia berarti tidak bisa digunakan, maka pengertian dari kartu ATM disable adalah ketika kartu ATM milik kalian tidak bisa digunakan, baik itu untuk melakukan aktivitas transaksi maupun mengambil uang tunai di mesin ATM.

Biasanya, ketika kartu ATM kalian disable saat akan digunakan, maka pada layar monitor mesin ATM akan muncul pemberitahuan yang menyatakan bahwa kartu ATM kalian disable dan tidak bisa digunakan untuk sementara waktu. Penyebab yang membuat kartu ATM disable pun bisa terjadi oleh beberapa hal, salah satunya dilakukan langsung oleh pihak Bank yang bersangkutan.

Jika pada saat kalian mau melakukan transaksi atau sedang menggunakan kartu ATM tersebut dan dirasa ada yang hal mencurigakan, maka pihak Bank bisa saja melakukan disable terhadap kartu ATM kalian. Hal ini guna menghindari penyalahgunaan terhadap kartu ATM kalian.

Kartu ATM juga bisa disable jika kalian sudah lama tidak menggunakannya lalu tiba-tiba terdapat transaksi melalui internet banking, sehingga membuat kartu ATM kalian disable, tidak bisa digunakan. Dan untuk bisa menggunakannya lagi, maka kalian diharuskan untuk membuat kartu ATM yang baru di kantor cabang Bank terdekat.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan disable kartu ATM secara sengaja jika kehilangan kartu ATM guna menghindari penyalahgunaan atas kartu ATM kalian.

Cara Mengatasi Kartu ATM Disable dengan Mudah

Bila kartu ATM kalian disable dan tidak bisa digunakan, maka kalian bisa mengatasi dan menyelesaikan permasalahan ini dengan mudah dan cepat. Simaklah beberapa langkah-langkah yang harus kalian ketahui di bawah ini.

  1. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan mendatangi kantor cabang Bank bersangkutan terdekat. Jangan lupa untuk membawa beberapa berkas penting yang diperlukan, seperti buku rekening, KTP serta kartu ATM nya;
  2. Jelaskan kepada petugas customer servicenya bahwasannya kartu ATM kalian disable dan ingin diperbaiki agar bisa digunakan lagi;
  3. Maka, petugas customer service yang bertugas akan menerangkan beberapa hal penting tentang kartu ATM disable milik kalian;
  4. Setelah itu, petugas customer service nya akan segera memproses pembuatan kartu ATM yang baru dan meminta beberapa berkas penting yang telah disebutkan sebelumnya;
  5. Lalu kalian akan diminta untuk memasukkan pin kartu ATM yang disable tersebut;
  6. Tunggulah beberapa saat selagi petugas customer servicenya membuatkan kartu ATM kalian yang baru;
  7. Untuk pin nya sendiri, kalian bisa tetap menggunakan pin yang lama atau menggantinya dengan pin yang baru, kalian bebas menentukannya;
  8. Jika sudah selesai, maka petugas customer service akan memberikan kartu ATM kalian yang baru dan sudah bisa langsung kalian gunakan.

Untuk pembuatan kartu ATM disable yang baru, kalian akan dikenakan biaya tambahan sekitar 10 hingga 15 ribu rupiah.

Itulah artikel Apakah Artinya Kartu ATM Disable dan Bagaimana Cara Mengatasinya dengan Mudah yang sudah dirangkum oleh tim BDN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang pengertian kartu ATM disable lengkap beserta dengan cara mengatasinya dengan mudah. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.