Gadai Sertifikasi pegadaian

Simak Persyaratan Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian dan Berapa Lama Prosesnya

Ada banyak jalan dan cara yang bisa kalian pilih dan lakukan untuk mendapatkan uang ketika sedang berada dalam situasi dan kondisi terdesak. kalian bisa melakukan pengajuan pinjaman uang di Bank maupun pinjaman uang di lembaga keuangan yang sudah terdaftar dan di bawah pengawasan OJK. Selain itu, terdapat pula solusi lainnya, yaitu menggadaikan sertifikasi rumah di pegadaian.

Nah, pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan kalian sedikit penjelasan tentang Simak Persyaratan Gadai Sertifikasi Rumah di Pegadaian dan Berapa Lama Prosesnya yang didalamnya terdapat beberapa informasi terkait tentang persyaratan gadai sertifikasi rumah di pegadaian lengkap dengan beserta berapa lama prosesnya. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Persyaratan Gadai Sertifikasi Rumah di Pegadaian

Dengan tagline atau jargon andalannya, yaitu “Menyelesaikan Masalah tanpa Masalah”, kehadiran pegadaian tentu sungguh memberikan banyak kemudahan bagi kalian yang memerlukan uang ketika sedang dalam situasi dan kondisi terdesak. Hampir sama seperti melakukan pengajuan pinjaman uang di Bank yang memerlukan agunan sebagai jaminan, namun beda nya di pegadaian barang yang bisa kalian gadaikan lebih banyak macamnya. Sehingga, memungkinkan kalian untuk menggadaikan barang dan produk apapun yang kalian miliki, selama memiliki nilai jual dan tukar.

Salah satu contoh barang yang bisa kalian gunakan untuk digadaikan di pegadaian adalah sertifikasi rumah. Untuk melakukan gadai sertifikasi rumah di pegadaian, terdapat beberapa persyaratan yang harus kalian ketahui dan penuhi, yaitu sebagai berikut.

  1. kalian diwajibkan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan adanya kartu identitas atau pengenal berupa Kartu Tkalian Penduduk (KTP) asli dan fotocopy yang masih valid dan berlaku;
  2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) beserta aslinya;
  3. Sertifikat rumah yang asli dan pastikan merupakan milik kalian;
  4. Fotocopy Surat Nikah bila kalian sudah menikah;
  5. Surat Keterangan domisili bila ada;
  6. Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB);
  7. Fotocopy Pajak Bumi Bangunan (PBB); serta
  8. Surat Keterangan Usaha (SKU).

Sebagai tambahan, mungkin kalian juga bisa menyertakan surat keterangan kerja dan slip gaji untuk meyakinkan pihak pegadaian bahwa kalian memiliki penghasilan tetap untuk membayarkan cicilan tepat waktu sampai lunas tanpa masalah.

Berapa Lama Proses Gadai Sertifikasi Rumah di Pegadaian

Pada proses gadai sertifikasi rumah di pegadaian terbilang cukup cepat dan mudah untuk dilakukan. Selama kalian sudah menyiapkan segala persyaratan yang diperlukan, seperti berkas dan dokumen pendukungnya, maka selanjutnya pihak pegadaian akan langsung menafsirkan harga dari sertifikasi rumah yang kalian gadaikan. Lalu, kalian bisa langsung melakukan pengajuan pencairan dana sesuai dengan besaran tafsiran yang telah diberikan oleh pihak pegadaian.

Sementara untuk proses pencairan dana gadai sertifikasi rumah di pegadaian juga terbilang cukup cepat untuk didapatkan. Biasanya proses pencairan dananya akan membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 5 hari kerja. Hal ini tergantung dari jumlah nominal dana yang ingin kalian pinjam. Semakin besar dana yang kalian pinjam, maka semakin lama pula proses pencairan dananya.

Selain itu, jangka waktu pembayaran yang ditawarkan dan disediakan oleh pihak pegadaian bila kalian menggadaikan sertifikasi rumah di pegadaian juga terbilang cukup fleksibel, yang mana masa pembayaran dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan kalian. Walaupun pada awalnya pihak pegadaian sudah menetapkan jangka waktu pembayaran cicilan yang harus kalian lakukan maksimum selama empat bulan, tetapi bila kalian tidak sanggup membayar cicilan dengan jangka waktu tersebut, maka kalian bisa melakukan perpanjangan waktu beberapa kali dengan membayarkan bunga sebesar 0.75% per harinya. Sehingga lebih meringankan beban cicilan yang harus kalian bayarkan.

Itulah artikel Simak Persyaratan Gadai Sertifikasi Rumah di Pegadaian dan Berapa Lama Prosesnya yang sudah dirangkum oleh tim BDN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang persyaratan gadai sertifikasi rumah di pegadaian lengkap dengan beserta berapa lama prosesnya. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.