Munculnya Beragam Perusahaan Fintech Baru

Munculnya Beragam Perusahaan Fintech Baru yang Berburu Keuntungan Semaksimal Mungkin

Tak bisa dipungkiri, saat ini kehadiran dan kemunculan dari beragam jenis perusahaan fintech semakin banyak beredar di masyarakat. Kehadiran dan kemunculan perusahaan-perusahaan fintech baru ini tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Seperti yang akan kami bahas pada pembahasan kali ini tentang Munculnya Beragam Perusahaan Fintech Baru yang Berburu Keuntungan Semaksimal Mungkin.

Seiring dengan berjalannya waktu, mulai banyak bermunculan beragam perusahaan-perusahaan fintech baru yang tak ingin kalah saingan dengan perusahaan-perusahaan fintech terdahulu yang sudah lebih dulu muncul dan berkecimpung serta bergabung menjadi anggota dari Asosiasi Fintech Indonesia atau AFTECH.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pertambahan jumlah perusahaan-perusahaan baru yang ikut bergabung bersama AFTECH selama beberapa tahun belakangan ini. Padahal, menurut Budi Gandasoebrata yang merupakan Sekretaris Jenderal AFTECH, ketika pertama kali didirikan pada tahun 2016, jumlah anggota asosiasi yang bergabung hanya tercatat sekitar 24 perusahaan saja. Sementara saat ini, jumlah anggota asosiasinya yang tercatat sudah bertambah cukup pesat hingga menjadi ratusan perusahaan, “Sekarang kita lebih dari 300 anggota menawarkan berbagai macam layanan,” ungkap Budi dalam Profit CNBC Indonesia, pada Kamis (24/6/2021).

Beliau pun turut menyebutkan, bahwa perusahaan-perusahaan fintech yang baru bergabung menjadi anggota asosiasi AFTECH tersebut bergerak di berbagai jenis layanan yang sangat beragam macamnya. Mulai dari aggregator, sistem pembayaran bahkan hingga layanan pinjaman online yang saat ini banyak digandrungi dan dicari oleh masyarakat.

Beliau berkata, pertumbuhan dari industri fintech ini memang mengalami kemajuan yang cukup pesat. Dan tentunya, perusahaan-perusahaan fintech ini berlomba-lomba menawarkan dan menyediakan beragam macam dan jenis layanan yang mereka miliki kepada para konsumennya untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin bagi perusahaan mereka.

Tidak hanya dari sisi perusahaan-perusahaan fintech yang baru bergabung menjadi anggota asosiasi AFTECH saja ternyata yang mengalami pertambahan dan peningkatan jumlah, tetapi juga dari sisi pengguna dan konsumennya. Hal ini bisa terjadi sebab adanya dukungan yang memadai dari infrastruktur, layanan jaringan internet yang semakin lebih baik dan lancar serta perkembangan teknologi yang juga menjadi lebih canggih dan tinggi daripada sebelumnya.

Selain itu, respon balik dari masyarakat tentang penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari juga turut serta berperan dalam hal ini. Secara perlahan, masyarakat mulai terbiasa dengan penggunaan teknologi digital ini. Karena masyarakat juga harus terus mengikuti perkembangan jaman dan teknologi agar tetap bisa bertahan dan tidak ketinggalan informasi penting.

Terlebih lagi pada situasi, kondisi dan keadaan seperti saat ini, dimana masyarakat sedang dilanda pandemi yang cukup banyak menyita waktu dan pergerakan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Sehingga semakin meningkatkan pertumbuhan dan kemunculan dari perusahaan-perusahaan fintech baru ini, yang akhirnya mengharuskan kalian untuk lebih banyak melakukan transaksi non tunai dengan menggunakan beragam layanan jasa yang ditawarkan dan disediakan oleh perusahaan-perusahaan fintech tersebut.

“Kita harus akui pandemi yang kita hadapi ini juga berkontribusi seperti yang saya sebutkan dengan meningkatkan transaksi non tunai. Di mana layanan fintech memainkan peran penting di dalamnya,” ucap Budi lagi menanggapi hal tersebut.

Itulah artikel Munculnya Beragam Perusahaan Fintech Baru yang Berburu Keuntungan Semaksimal Mungkin yang sudah dirangkum oleh tim BDN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang beragam perusahaan fintech terbaru. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.