Cara Mudah Untuk Melakukan Cek BI Checking

Yuk Simak Cara Mudah Untuk Melakukan Cek BI Checking Terbaru dan Paling Cepat

Setiap kali kalianakan melakukan pengajuan pinjaman uang, baik melalui Bank konvensional maupun lembaga keuangan pinjaman online, maka pihak pemberi pinjaman akan melakukan pengecekkan riwayat informasi kredit kalianmelalui cek BI checking. Hal ini dilakukan untuk memastikan, apakah kalianmemiliki informasi riwayat kredit yang baik atau tidak sebagai salah satu pertimbangan pengajuan pinjaman tersebut.

Nah, pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan kaliansedikit penjelasan tentang Yuk Simak Cara Mudah Untuk Melakukan Cek BI Checking Terbaru dan Paling Cepat yang didalamnya terdapat beberapa informasi terkait tentang cara mudah cek BI checking secara online maupun lewat aplikasi. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Mudah Cek BI Checking Secara Online

BI checking adalah salah satu proses untuk melihat informasi riwayat kredit yang dimiliki seseorang. Melalui BI checking ini, maka akan diketahui tentang segala informasi riwayat kredit yang pernah kalianlakukan, baik identitas Anda, agunan, pemilik dan pengurus debitur, jumlah pembiayaan yang pernah diterima, riwayat pembayaran cicilan kredit serta apabila adanya masalah kredit macet.

Bila pada saat kalianmelakukan pengajuan pinjaman uang dan ketika dilakukan cek BI checking terdapat permasalahan seperti jeleknya riwayat kredit kaliankarena kredit macet, maka bisa menyebabkan pengajuan pinjaman tersebut ditolak dan gagal.

Untuk melakukan cek BI checking bisa dilakukan dengan mudah dan praktis secara online melalui SLIK OJK. Berikut adalah tutorial caranya.

  1. Pertama, kalianperlu menyiapkan terlebih dahulu beberapa berkas dan dokumen penting yang diperlukan, seperti fotocopy kartu identitas atau pengenal asli berupa Kartu TkalianPenduduk (KTP) untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Sementara, untuk Warga Negara Asing (WNA), bisa menyiapkan fotocopy identitas diri asli berupa paspor serta fotocopy identitas yang disertai surat kuasa asli (bila diberi kuasa);
  2. Selanjutnya, kalianakan mengakses situs resmi OJK di https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi;
  3. Lalu, kalianakan diarahkan untuk mendapatkan formulir antrian online dan mendapatkan formulir permohonan IDEB yang perlu kalianisi dan lengkapi;
  4. Kemudian, pilihlah antrian berupa jadwal waktu dan keterangan yang telah disediakan oleh sistem;
  5. Setelah itu, kalianakan menerima persetujuan yang dikirimkan ke e-mail. Pada e-mail tersebut, kalianakan diperintahkan untuk menghubungi nomor Whatsapp OJK-SLIK yang terdapat di e-mail untuk melengkapi dan melanjutkan proses verifikasi data;
  6. Maka selanjutnya, informasi riwayat kredit yang kalianminta akan dikirimkan ke e-mail kaliansecara lengkap dan terperinci.

Cara Mudah Cek BI Checking Lewat Aplikasi

Perlu diketahui, bahwasannya per tanggal 1 Januari 2018 semua layanan Sistem Informasi Debitur (SID) yang awalnya dipegang oleh BI, sekarang sudah dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, secara tidak langsung informasi debitur (iDEB) juga akan dilakukan oleh OJK. Dan untuk melakukan pengajuan permohonan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) bisa kalianlakukan dengan mendatangi langsung kantor layanan OJK yang tersedia atau melalui situs resmi OJK di https://www.ojk.go.id atau di https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi.

Dan meskipun OJK sudah memiliki aplikasi onlinenya yang bisa kalianunduh dan dapatkan di Playstore maupun Appstore, tetapi layanan yang diberikan oleh aplikasi tersebut hanyalah informasi seputar dunia keuangan saja. Sementara, bila kalianingin melakukan cek BI checking lewat aplikasi online OJK tersebut masih belum bisa dan belum ada kejelasan lebih lanjut dari pihak OJK nya sendiri. Sehingga, mau tidak mau kaliantetap harus mendatangi kantor layanan OJK yang tersedia atau mengunjungi situs resmi OJK untuk melakukan cek BI checking secara online.

Sementara, untuk layanan antrian online OJK akan dibagi dalam beberapa sesi sebagai berikut.

  1. 08:00 – 09:00
  2. 09:00 – 10:00
  3. 10:00 – 11:00
  4. 11:00 – 12:00
  5. 13:00 – 14:00
  6. 14:00 – 15:00

kalianbisa melakukan proses permohonan pengajuan cek BI checking secara online ini pada hari kerja dari Senin hingga Jumat di waktu-waktu yang telah disediakan di atas.

Itulah artikel Yuk Simak Cara Mudah Untuk Melakukan Cek BI Checking Terbaru dan Paling Cepat yang sudah dirangkum oleh tim BDN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang cara mudah cek BI checking secara online maupun lewat aplikasi. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.