cara dapat kartu pra kerja

Informasi Lengkap Tentang Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja Agar Mudah Diterima dan Terbaru

Kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia di Indonesia membuat banyak diantara kalian masih menganggur tanpa memiliki penghasilan tetap. Karena hal ini, pemerintah berinisiatif untuk menyediakan solusinya, yaitu dengan meluncurkan program Kartu Kra Kerja yang diperuntukkan bagi kalian yang masih menganggur dan belum memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.

Nah, pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan kalian sedikit penjelasan tentang Informasi Lengkap Tentang Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja Agar Mudah Diterima dan Terbaru yang didalamnya terdapat beberapa informasi terkait tentang persyaratan untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja lengkap beserta dengan caranya. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Seperti yang sudah dikatakan, kartu pra kerja sendiri merupakan sebuah program dari pemerintah yang diluncurkan dan disediakan sebagai salah satu solusi bagi kalian yang masih belum memiliki pekerjaan dan penghasilan. Dengan ada nya program kartu pra-kerja ini, pemerintah mengharapkan bisa membantu masyarakat untuk menambah dan mengembangkan keterampilan yang ada pada diri mereka. Serta menjadikan nya bekal dan pegangan dalam mencari pekerjaan.

Kartu pra kerja ini bisa didapatkan dan dimiliki oleh siapa saja selama kalian tidak berstatus sebagai pelajar, mahasiswa atau sedang dalam menjalani pendidikan formal. Namun, sejalan dengan fungsi utama diluncurkannya program ini, target utama yang diharapkan untuk menerima dan mendapatkan kartu pra kerja ini adalah kalian yang belum memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.

Cara untuk mendapatkan kartu pra kerja ini pun terbilang cukup mudah dan praktis karena bisa dilakukan secara online melalui website resmi kartu pra kerja, yaitu prakerja.go.id. Melalui situs tersebut, kalian diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Selanjutnya, kalian bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan kartu pra kerja dengan mengikuti serangkaian tes dan seleksi yang telah dipersiapkan oleh pihak pra kerja.

Jika kalian memenuhi kualifikasi yang diminta oleh pihak pra kerja, maka pengajuan kalian akan diterima dan mendapatkan kartu pra kerja tersebut untuk digunakan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Persyaratan Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Selain mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang bisa digunakan untuk mengembangkan keterampilan kalian sebagai bekal untuk mencari pekerjaan, dengan memiliki kartu pra kerja kalian juga akan mendapatkan bantuan berupa uang sebesar Rp. 3.550.000 yang diperuntukkan sebagai biaya pelatihan dan insentif.

Untuk mendapatkan kartu pra kerja ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus kalian ketahui dan penuhi terlebih dahulu. Yang pertama, kalian diwajibkan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tkalian Penduduk (KTP). Usia minimal kalian juga harus 18 tahun dan kalian juga tidak berstatus sebagai pelajar, mahasiswa atau sedang dalam menjalani pendidikan formal. Jika kalian sudah memenuhi semua kriteria dan persyaratan seperti di atas, maka kalian berhak dan bisa untuk mendaftarkan diri kalian untuk mendapatkan kartu pra kerja tersebut.

Sementara untuk rincian bantuan berupa uang yang kalian dapatkan ketika berhasil mendapatkan kartu pra kerja tersebut akan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu sebesar Rp. 1.000.000 diperuntukkan untuk membayar biaya pelatihan yang akan kalian jalani sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Lalu sisanya sebesar Rp. 2.550.000 akan diperuntukkan sebagai insentif untuk kalian selama empat bulan berturut-turut dengan pembagian sebesar Rp. 600.000 per bulannya dan Rp. 150.000 lagi dengan melakukan pengisian survey sebanyak tiga kali.

Itulah artikel Informasi Lengkap Tentang Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja Agar Mudah Diterima dan Terbaru yang sudah dirangkum oleh tim BDN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang persyaratan untuk mendapatkan kartu Pra Kerja lengkap beserta dengan caranya. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.