pencairan bpjs

Yuk Simak Cara Mudah Melakukan Pencairan BPJS dengan Mudah dan Cepat

BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan merupakan jenis dan contoh program jaminan sosial oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakatnya. Kedua program ini hampir mirip layaknya seperti asuransi dengan pemerintah sebagai pihak penyelenggaranya. Dana pada BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan tersebut bisa digunakan untuk keperluan kalian jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Nah, pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan kalian sedikit penjelasan tentang Yuk Simak Cara Mudah Melakukan Pencairan BPJS dengan Mudah dan Cepat yang didalamnya terdapat beberapa informasi terkait tentang cara pencairan BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan melalui BCA. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Bila kalian sebagai pegawai atau karyawan ingin mencairkan dana pada BPJS ketenagakerjaan, maka kalian bisa melakukan proses pencairan dananya dengan mudah dan praktis secara online. Dan jenis dari pencairan dana yang diajukan adalah Jaminan Hari Tua (JHT).

kalian bisa melakukan proses pencairan nya melalui situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id lalu pilih menu “Antrian Online” pada halaman utamanya. Setelah nomor antrian kalian dapatkan, maka kalian bisa langsung untuk mengisi data diri dan identitas yang diminta pada kolom yang sudah disediakan. Jika sudah selesai mengisi seluruh data diri dan identitas nya, jangan lupa untuk mengunduh formulir untuk pengajuan Jaminan Hari Tua (JHT) nya pada bagian bawah halamannya, lalu pilih menu “Simpan”.

Pastikan kalian mengisi seluruh informasi pada formulir yang telah disediakan dengan baik dan lengkap sesuai dengan yang diminta. kalian akan menerima kode verifikasi atau PIN yang akan dikirimkan melalui SMS atau e-mail. Masukkanlah kode verifikasi atau PIN tersebut beserta dengan data nomor rekening Bank kalian secara lengkap. Terakhir, unggahlah semua file dokumen yang diminta sesuai dengan petunjuk yang tertera.

Kalau pengajuan pencairan dana BPJS ketenagakerjaan kalian disetujui, maka pihak BPJS akan menghubungi kalian melalui WhatsApp, SMS atau telepon. Dan dana JHT kalian pun akan segera dikirimkan ke rekening bank kalian.

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan di Bank BCA

Selain bisa dilakukan secara online, proses pencairan dana BPJS ketenagakerjaan juga bisa dilakukan secara offline. Bila kalian merasa tidak begitu terlalu bisa dan paham dengan sistem online tersebut, maka kalian bisa mengajukannya secara offline.

Pencairan dana BPJS ketenagakerjaan secara offline bisa dilakukan melalui kantor pusat atau cabang BPJS ketenagakerjaan ataupun melalui Bank. Untuk melakukan proses pengajuan pencairan dana BPJS ketenagakerjaan di Bank kalian cukup datang ke kantor pusat atau kantor cabang Bank yang kalian inginkan dan beritahu petugas yang ada bahwasannya kalian ingin melakukan proses pengajuan pencairan dana BPJS ketenagakerjaan beserta dengan dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratannya.

Dokumen yang dibutuhkan berupa fotocopy kartu BPJS ketenagakerjaan dan aslinya, fotocopy KTP dan aslinya, fotocopy kartu keluarga dan aslinya dan fotocopy buku rekening. Bagi kalian yang masih berstatus bekerja, ada dokumen tambahan yang harus kalian penuhi, yaitu surat keterangan masih aktif bekerja di perusahaan tempat kalian bekerja. Sementara, bagi kalian yang sudah berstatus tidak bekerja lagi melampirkan surat keterangan pengunduran diri atau pengalaman kerja.

Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan terdekat untuk mengecek kantor cabang Bank terdekat yang sudah bekerjasama dengan BPJSTK karena tidak semua kantor cabang Bank bisa mencairkan dana JHT. Dan sayang nya, BCA sendiri tidak bekerja sama dengan BPJS ketenagakerjaan, sehingga kalian tidak bisa untuk melakukan proses pencairan dana JHT di BCA.

Apakah Bisa Mencairkan BPJS Kesehatan?

Meski sama-sama merupakan program jaminan sosial milik pemerintah yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya, namun ternyata antara BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan memiliki perbedaan. Jika BPJS ketenagakerjaan diperuntukkan bagi para karyawan atau pegawai yang bekerja pada suatu perusahaan, maka untuk BPJS kesehatan bisa didapatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Selain perbedaan atas kepemilikan atas BPJS itu sendiri, perbedaan mencolok lainnya antara keduanya adalah pada BPJS kesehatan tidak bisa melakukan proses pengajuan pencairan dana selayaknya pada BPJS ketenagakerjaan. Meskipun kalian rutin melakukan pembayaran iuran setiap bulannya, uang yang kalian bayarkan tersebut tidak akan bisa kalian cairkan.

Hal ini disebabkan manfaat yang ditawarkan oleh kedua BPJS tersebut berbeda, dimana BPJS ketenagakerjaan untuk simpanan masa tua kalian, sedangkan BPJS kesehatan diperuntukkan memberikan kalian jaminan kesehatan. Sehingga dana pada BPJS kesehatan baru bisa digunakan ketika kalian sakit atau melakukan pengobatan di rumah sakit atau puskesmas yang sudah bekerja sama dengan pihak BPJS.

Meski begitu, bagi kalian yang sudah memiliki kepesertaan BPJS kesehatan tidak perlu khawatir lagi jika sakit dan perlu berobat, karena dengan menggunakan BPJS kesehatan yang kalian miliki tersebut, kalian bisa berobat secara gratis tanpa dipungut biaya apapun karena biaya tersebut akan ditanggung oleh pihak BPJS kesehatan. Sebagai gantinya, kalian hanya perlu melakukan pembayaran iuran bulanan yang jumlah tidak terlalu besar.

Itulah artikel Yuk Simak Cara Mudah Melakukan Pencairan BPJS dengan Mudah dan Cepat yang sudah dirangkum oleh tim BDN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang pencairan BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan melalui BCA. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.