tagihan listrik 1300 watt

Yuk Simak Berapakah Beban Biaya Listrik 1300 Watt dan Bagaimana Cara Cek dan Membayarnya

Listrik adalah salah satu kebutuhan primer yang selalu menemani kehidupan kalian sehari-hari. Dalam penggunaannya, listrik hampir setiap saat kalian gunakan terlebih bagi kalian yang tinggal di kota, pasti tidak akan pernah bisa jauh-jauh dari menggunakan listrik.

PT Perusahaan Listrik Negara atau biasa disebut PLN adalah perusahaan yang memberikan jasa pelayanan listrik yang biasa kalian gunakan sehari-hari. PLN sendiri dalam melaksanakan tugasnya menyediakan 2 jenis sistem pembayaran listrik, yaitu listrik pascabayar dan listrik prabayar atau disebut juga listrik pintar.

Listrik pascabayar sendiri adalah jenis sistem pembayaran listrik yang sudah digunakan sejak lama dan masih banyak digunakan hingga sekarang. Sistem pembayaran listrik jenis ini tagihannya baru akan muncul dan bisa dibayarkan pada setiap akhir bulan. Sementara untuk listrik prabayar atau listrik pintar adalah jenis sistem pembayaran listrik yang terbilang baru diperkenalkan kepada masyarakat luas dibandingkan dengan listrik pascabayar. Pada sistem pembayaran listrik prabayar ini, sistemnya sama seperti pulsa, dimana kalian harus melakukan pengisian pulsa token listrik terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan listriknya.

Besaran nominal pulsa token listrik yang bisa kalian beli juga beragam. Mulai dari yang terkecil sebesar Rp. 20.000 hingga yang terbesar Rp. 1.000.000. kalian bebas ingin melakukan pengisian pulsa token listrik berapa pun yang kalian inginkan sesuai dengan kebutuhan yang kalian perlukan.

Nah, untuk lebih mengetahui dan memahami lebih lanjut tentang listrik, maka pada kesempatan ini kami bermaksud untuk memberikan kalian sedikit penjelasan tentang Yuk Simak Berapakah Beban Biaya Listrik 1300 Watt dan Bagaimana Cara Cek dan Membayarnya. Tanpa berpanjang lebar, mari silahkan simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Biaya Beban Tagihan Listrik 1300 Watt

Selain menyediakan 2 jenis sistem pembayaran listrik yang ditawarkan oleh PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN, besaran watt listrik yang ditawarkan dan bisa kalian gunakan juga terbagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari yang stkalianr sebesar 450 VA, 900 VA, 1300 VA, 2200 VA dan lain-lainnya. kalian bebas memilih berapa besaran watt listrik yang kalian inginkan sesuai dengan kebutuhan yang kalian perlukan.

Berdasarkan dari bedanya besaran watt listrik yang beragam, maka besaran biaya beban tagihan listriknya juga beda juga. Tergantung dari berapa besaran watt listrik yang kalian pilih dan pakai di rumah atau kantor kalian.

Mulai dari yang paling kecil 450 VA dikenakan biaya beban tagihan listrik sebesar Rp169/kWh, 900 VA dikenakan biaya beban tagihan listrik sebesar Rp1.325/kWh, 1300 VA dikenakan biaya beban tagihan listrik sebesar Rp1.467,28/kWh, 2200 VA dikenakan biaya beban tagihan listrik sebesar Rp1.467,28/Kwh. Biaya beban tagihan tersebut dikenakan untuk golongan tarif listrik R-1/TR dan R-1M/TR.

Sementara untuk golongan tarif listrik B-1/TR untuk 1300 VA dikenakan biaya beban tagihan listrik sebesar Rp966/kWh. Lalu untuk golongan tarif listrik I-1/TR 1300 VA dikenakan biaya beban tagihan listrik sebesar Rp930/kWh. Dan untuk golongan tarif listrik P-1/TR 1300 VA dikenakan biaya beban tagihan listrik sebesar Rp1.049/kWh.

Cara Cek Tagihan Listrik 1300 Watt Secara Online Maupun Offline

Setelah mengetahui tentang besaran biaya beban tagihan listrik yang ditawarkan dan disediakan oleh PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN, maka informasi lain yang wajib kalian ketahui adalah bagaimana caranya melakukan pengecekkan tagihan listrik 1300 watt secara online maupun offline.

Untuk melakukan pengecekkan tagihan listrik secara online, bisa kalian lakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah melalui aplikasi PLN Mobile. Tentunya, untuk bisa melakukan pengecekkan tagihan listrik secara online melalui aplikasi PLN Mobile kalian harus memiliki aplikasi tersebut terlebih dahulu di smartphone kalian. kalian hanya cukup untuk mengunduh aplikasi tersebut di AppStore atau Play Store.

Setelah aplikasi PLN Mobile nya berhasil kalian unduh, maka kalian bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan memilih menu “Informasi” pada tab menu yang tersedia. Lalu pilih “Informasi Tagihan dan Token Listrik”. Kemudian masukkan ID pelanggan atau nomor meteran milik kalian. Pilih “Cari”, maka status tagihan listrik serta besaran nominalnya akan otomatis muncul dan keluar pada layar smartphone kalian.

Sementara untuk melakukan pengecekkan tagihan listrik secara offline bisa kalian lakukan dengan melalui SMS. Jika kalian ingin melakukan pengecekkan tagihan melalui SMS, maka kalian hanya perlu mengirimkan SMS sesuai dengan format yang sudah disediakan. Format SMS nya berupa, REK (Spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8123. Dan jika kalian ingin berlangganan melakukan pengecekkan tagihan listrik melalui SMS, maka kalian tinggal mengganti formatnya menjadi PLN (Spasi) ON (Spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Dan untuk berhenti berlangganan cukup mengirim SMS dengan format PLN (Spasi) OFF (Spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Cara lain untuk melakukan pengecekkan tagihan listrik secara offline juga bisa dilakukan melalui telepon. kalian hanya perlu melakukan panggilan telepon ke call center PLN di nomor 123. Jika sudah tersambung, maka nanti kalian akan dilayani oleh customer service yang bertugas untuk memberikan ID pelanggan milik kalian untuk kemudian dicek oleh mereka. Cukup mudah dan cepat, bukan?

Cara Bayar Tagihan Listrik 1300 Watt Secara Online Maupun Offline

Hal wajib selanjutnya yang perlu kalian ketahui tentang tagihan listrik adalah cara melakukan pembayarannya yang bisa dilakukan secara online maupun offline.

Untuk melakukan pembayaran tagihan listrik secara online, bisa kalian lakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah melalui e-commerce seperti Tokopedia. Sebelumnya, kalian harus sudah memiliki aplikasi serta akun Tokopedia di smartphone kalian untuk bisa melakukan pembayaran tagihan listrik secara online. Jika sudah memiliki aplikasi serta akun Tokopedia, maka bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan memilih menu “Listrik PLN”. Kemudian pilih jenis produk listrik “Tagihan Listrik”. Lalu masukkan ID pelanggan atau nomor meteran milik kalian dan klik “Lanjut”. Maka secara otomatis akan muncul rincian tagihan listrik milik kalian. Bila dirasa informasi dan datanya sudah sesuai, kalian pun bisa langsung melakukan proses pembayaran dengan memilih “Bayar” dan pilih metode pembayaran yang kalian inginkan sesuai dengan yang ditawarkan pada layar. Sistem akan memproses pembayaran tagihan listrik kalian yang secara otomatis akan memberikan notifikasi sukses bila prosesnya berhasil dan telah selesai.

Sedangkan untuk melakukan pembayaran tagihan listrik secara offline bisa kalian lakukan dengan mengunjungi kantor pos ataupun loket pembayaran tagihan listrik terdekat dari rumah kalian. kalian hanya perlu membawa ID pelanggan atau nomor meteran milik kalian, maka nanti petugas yang akan melayani kalian untuk melakukan pembayaran tagihan listriknya.

Nah, itulah artikel Yuk Simak Berapakah Beban Biaya Listrik 1300 Watt dan Bagaimana Cara Cek dan Membayarnya yang sudah dirangkum oleh tim BDN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian tentang cara bagaimana melakukan pengecekkan dan pembayaran tagihan listrik secara online maupun offline. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini lewat sosial media atau manapun agar dapat lebih bermanfaat lagi tentunya.