Kenal Lebih Dekat dengan Garena, Raksasa Publisher Game di Indonesia!

BDN.ID, Jakarta – Bagi gamers, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Garena. Ya, Garena merupakan publisher game raksasa asal Singapura yang diprakarsai oleh Forrest Li. Di awal debutnya, Garena sendiri sudah merangsek pasar game di Indonesia melalui deretan game terbaiknya seperti HON, League of Legends dan Fifa Online. Game-game yang dibawa Garena ke Indonesia bisa dibilang game online kelas atas sehingga bisa sangat cepat digemari oleh Gamers di Indonesia.

Perjalanan Garena di industri game cukup panjang. Bahkan di tahun 2018, Garena berhasil mencaplok game FPS Legendaris dari Point Blank dari tangan Gemscool. Walaupun pada akhirnya, game Point Blank akhirnya kembali ke pangkuan sang developer game yakni Zepetto. Meski begitu, Garena di Indonesia tidak patah semangat. Bahkan kini mereka bangkit dengan pendapatan yang sangat tinggi. Sebelum membahas pendapatan garena saat ini, mari kita cari tahu deretan game apa saja yang dimiliki oleh Garena sepanjang tahun 2020 ini.

Call of Duty Mobile

Call of Duty Mobile diperkenalkan oleh Garena pada tanggal 1 Oktober 2019. Game ini dikembangkan oleh Timi Studio Group dan Tencent Games. Hadir untuk platform Android dan iOS, game ini langsung melesat dengan cepat trending dikalangan gamers. Bukan tanpa sebab, Call of Duty sendiri merupakan sebuah franchise game yang cukup besar di industri game. Karena, kualitas game ini tidak pernah mengecewakan para gamers.

Speed Drifters

Speed Drifters merupakan game mobile bergenre racing yang dirilis untuk platform iOS dan Android. Game ini dirilis pada tanggal 17 Januari 2019 silam. Game ini menawarkan berbagai keunggulan terutama dalam hal kostumisasi. Di game ini kamu bisa kostumisasi karakter dan kendaraan balap yang cukup detail. Hingga saat ini, Garena masih melakukan maintenance terhadap game ini. Berbagai event pun masih tetap dijalankan.

Contra: Return

Kali ini, Garena mengambil game klasik yang sudah tidak asing lagi buat para gamers. Apa lagi kalau bukan Contra. Mengusung nama baru menjadi Contra: Return, Garena membawa beragam update untuk game klasik ini mulai dari update kualitas grafis dan juga gameplaynya. Game Mobile yang bisa dimainkan di perangkat Android dan iOS ini diluncurkan pada tanggal 13 September 2018.

Free Fire

Free Fire merupakan game mobile bergenre battle royale yang sangat digemari oleh gamers. Bahkan yang dirilis oleh Garena pada tahun 2017 tersebut sudah memiliki pemain aktif harian sebanyak 60 juta gamers. Angka yang bukan main-main lagi tentunya.

Arena of Valor

Arena of Valor merupakan game MOBA yang digarap oleh Garena. Awalnya, di Indonesia game ini diperkenalkan dengan nama Mobile Arena. Namun akhirya, nama tersebut diganti menjadi Arena of Valor oleh Garena. Game ini digadang-gadang akan menjadi pesaing terberat bagi Mobile Legends. Bahkan Garena sempat membuat event berhadiah miliaran rupiah untuk mempromokan gamenya.

League of Legends

Berbeda dengan game yang telah disebutkan diatas, League of Legends merupakan game platform PC. Diperkenalkan pada tahun 2009, game ini bersaing ketat dengan game dengan genre serupa yakni Dota. Namun sayang, kini game League of Legends sudah mulai ditinggalkan oleh para gamers seiring populernya game mobile saat ini.

Di tahun 2019, Garena sendiri berhasil meraih pendapatan 2.18 Miliar USD. Pendapatan tersebut mampu didapatkan Garena berkat game-game baru yang mereka kelola dengan baik. Salah satu yang paling mencolok adalah perkembangan game mobile Free Fire. Perkembangan game ini juga didukung dengan ramainya turnamen eSports yang digelar di berbagai negara termasuk di Indonesia.