Pengertian Infrastruktur Digital dan Perannya di akselerasi Industri 4.0 Indonesia

Di era pertumbuhan teknologi yang begitu cepat saat ini tentunya ada peran penting dari infrastruktur digital yang terus dibangun. Kita tidak akan bisa menikmati internet cepat, kemudahan dalam membeli barang dengan adanya ecommerce, bahkan kini moda transportasi pun jadi lebih mudah dan aman berkat adanya peran Infrastruktur Digital yang maju. Sebelum membahas lebih jauh terkait manfaat dari Infrastruktur Digital bagi perkembangan perekonomian Indonesia saat ini, mari kita cari tahu terlebih dahulu pengertian Infrastruktur Digital,

Infrastruktur Digital sendiri merupakan sebuah pondasi yang berfungsi untuk mendukung suatu sistem komputasi. Contohnya adalah seperti Jaringan Backbone Internasional ataupun antar kota, Data Center, Cloud Computing, dan masih banyak yang lainnya. Nah dari sini sudah sedikit paham ya mengenai apa itu Infrastruktur Digital? Kini mari bergeser ke bagaimana perannya di percepatan industri 4.0 tanah air.

Airlangga Hartarto, selaku Menteri Perindustrian RI saat ini pernah menegaskan begitu pentingnya Infrastruktur Digital. Menurutnya, Infrastruktur Digital mampu memacu daya saing industri Indonesia agar bisa bersaing lebih ketat di tingkat global. Ia juga menegaskan jika manufaktur sendiri saat ini tidak hanya melibatkan mesin dalam proses produksi. Industri sudah lebih jauh dengan memanfaatkan Kecerdasan buatan yang merupakan ciri khas dari Industri 4.0

Saat ini, Indonesia sendiri merupakan bangsa terbesar di ASEAN yang masuk kedalam 1 trillion dollars club economy. Dengan menggenjot Infrastruktur Digital untuk menerapkan industri 4.0, Indonesia diklaim mampu masuk menjadi negara 10 besar yang memiliki ekonomi terkuat di tahun 2030. Peningkatan produktivitas juga akan meningkat hingga 2 kali lipat dengan adanya Digital Infrastruktur yang maju.

Dengan hadirnya digital infrastruktur yang mumpuni, sebenarnya bukan hanya industri saja yang bisa mengalami perkembangan. Beberapa sektor lain seperti layanan masyarakat yang lebih baik pun bisa didapatkan. Apalagi, infrastruktur digital yang dibangun bisa merata ke seluruh Indonesia. Tidak sampai disitu saja, sektor UMKM pun bisa terkena dampak positif dari pembangunan digital infrastruktur ini. Pemerintah bahkan menargetkan 8 juta UMKM bisa naik kelas menjadi Go Digital.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply