Pengertian dan Keuntungan Bill Payment

Di industri yang semakin maju saat ini, istilah Bill Payment tentu saja sudah tidak asing lagi. Bagi kalian yang masih awam, pengertian atau definisi dari Bill Payment adalah sebuah sistem sistem pembayaran yang bisa dinikmati oleh masyarakat untuk membayar berbagai tagihan bulanan seperti pembayaran listrik PLN, PDAM Air, Pulsa, tagihan televisi berbayar, internet, bahkan pembayaran kredit. Sistem Bill Payment yang ada saat ini terbagi menjadi dua yaitu System Online Payment Point (SOPP) dan juga Payment Point Online Banking (PPOB). Lantas dari kedua sistem Bill Payment tersebut, mana yang lebih menguntungkan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita kupas tuntas terlebih dahulu sistem kedua metode Bill Payment tersebut.

System Online Payment Point (SOPP)

Sistem Bill Payment ini bisa dibilang merupakan cara lama atau konvensional. Dimana proses pembayaran masih bersifat manual sehingga para pembayar tagihan harus mengeluarkan effort yang lebih besar ketimbang menggunakan sistem Bill Payment berjenis Payment Point Online Banking (PPOB). Contoh kasusnya ketika konsumen ingin membayar tagihan listrik melalui Bank yang sudah menerapkan sistem Bill Payment. Konsumen harus datang ke Bank untuk membayar tagihan PLN. Proses ini tentu saja membutuhkan effort yang besar bagi para konsumen. Apalagi, jika jarak antara bank dan konsumen terbilang jauh.

Payment Point Online Bank (PPOB)

Sistem Bill Payment ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan Sistem Online Payment Point (SOPP) yang kami jelaskan di point sebelumnya. Sebab, sistem Bill Payment ini bersifat real time dan dapat dilakukan dalam waktu 24 jam. Sistem Bill Payment ini tidak hanya tertutup bisa dilakukan oleh Bank saja. Berbagai perusahaan yang bermitra langsung dengan Bank juga bisa menyediakan layanan Bill Payment ini.

Sudah paham apa itu Bill Payment dan jenis-jenisnya? Kini kita bergeser dan membahas lebih dalam terkait keuntungan dari Bill Payment. Terutama keuntungan Bill Payment dengan jenis Payment Point Online Bank (PPOB) yang notabene saat ini sedang hype di Indonesia. Yuk kita bahas apa saja sih keuntungan dari Bill Payment berjenis Payment Point Online Bank (PPOB) ini.

Wadah Pembayaran Beragam Tagihan

Berbagai tagihan bisa dibayar dengan murah melalui Bill Payment berjenis Payment Point Online Bank (PPOB) ini. Hampir seluruh tagihan bulanan bisa dibayar dengan mudah mulai dari tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, tagihan layanan tv berbayar, pembelian pulsa dan masih banyak yang lainnya. 

Tidak Memakan Banyak Waktu dan Hemat Biaya Transportasi

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Bill Payment adalah hemat waktu dan hemat biaya transportasi. Meskipun terlihat sepele bagi sebagian orang, namun hal ini sangat bermanfaat. Terutama bagi mereka yang sibuk dengan jadwal kerja yang padat dan juga bagi mereka yang jauh dari bank ataupun layanan pembayaran offline lainnya. 

Selamat Tinggal Antri

Masih ingat dahulu ketika kita harus membayar listrik harus antri di kantor PLN? Sekarang hal tersebut tidak perlu lagi! Dengan adanya Bill Payment, kamu tidak perlu lagi repot untuk antri hanya untuk bayar listrik. Hal ini tentu saja senada dengan point kedua. Dimana dengan adanya Bill Payment, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi serta tidak perlu mengorbankan waktu.

Opsi Pembayaran yang Melimpah dan Promo Menarik

Dengan adanya sistem Bill Payment PPOB, masyarakat memiliki banyak pilihan dimana mereka akan membayar tagihan bulanannya. Karena dengan sistem Bill Payment PPOB, tidak terbatas hanya bisa dilakukan oleh Bank saja. Beberapa perusahaan swasta saat ini juga sudah memiliki izin untuk menyediakan layanan Bill Payment. 

Bahkan, para perusahaan penyedia jasa Bill Payment PPOB saat ini seringkali menggelar beragam promo dan diskon menarik untuk masyarakat yang ingin membayar berbagai tagihan melalui layanan Bill Payment PPOB yang mereka sediakan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan masyarakat selaku konsumen bukan?

Keuntungan dari Bill Payment PPOB tentu saja tidak terbatas itu saja. Ada aspek lain yang tentunya menjadi keuntungan bagi masyarakat terutama untuk menambah pundi pundi keuangan. Bisa dibilang, saat ini bisnis PPOB yang dikelola oleh sebuah perusahaan bersifat terbuka. Artinya, masyarakat bisa ikut serta untuk menjadi agen di perusahaan yang bergerak di bisnis Bill Payment PPOB. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply