Mengenal IT Solution, Layanan Bisnis, dan Konsumennya

IT Solution merupakan sebuah istilah dimana menempatkan sebuah teknologi untuk membantu manusia dalam menyelesaikan segala permasalahan baik dalam mengolah data, menyebarkan informasi, komunikasi, dan masih banyak yang lainnya secara cepat dan akurat. Saat ini perusahaan yang bergerak di bisnis IT Solution sudah cukup banyak di Indonesia. Bisnis IT Solution ini juga dianggap cerah karena masa depan akan sangat tergantung pada digital. Bahkan, saat ini pun Era Digital sudah dimulai.

Layanan bisnis IT Solution sendiri bisa dibilang cukup banyak. Bahkan saat ini, jasa IT Solution tidak hanya dimanfaatkan oleh para pelaku usaha besar atau perusahaan saja, melainkan sektor UMKM juga sudah mulai terkena dampak digitalisasi melalui produk IT Solution. Lantas, layanan apa saja sih yang biasanya diberikan oleh para perusahaan jasa IT Solution? Berikut ini informasi selengkapnya:

  • Konsultan IT: Tidak bisa dipungkiri jika saat ini teknologi informasi bergerak dan berubah sangat cepat. Tentu saja, para pengguna jasa harus melakukan konsultasi dengan penyedia IT Solution agar mendapatkan penggunaan teknologi yang tepat guna dan perencanaan penerapan teknologi yang tepat guna dan matang.
  • Pembuatan Software: Perusahaan penyedia IT Solution juga menyediakan jasa untuk pembuatan software untuk para konsumennya. Pembuatan software ini meliputi proses merancang software berdasarkan kebutuhan konsumen, mengembangkan, menerapkan dan juga melakukan pemeliharaan atau maintenance. Software yang digarap berdasarkan beberapa platform seperti android, ios, ataupun dengan menggunakan pemrograman bahasa java atau php.
  • Perancangan Website:  IT Solution juga memiliki desainer-desainer web yang mampu menciptakan sebuah website yang mampu memenuhi kebutuhan para konsumennya. Proses perancangan sangat penting mengingat tampilan adalah modal awal untuk mendapatkan nilai positif dari para konsumen.
  • Search Engine Optimization: Tidak hanya membangun website atau mengelola infrastruktur teknologi saja, perusahaan yang bergerak di bidang IT Solution juga menyediakan jasa SEO atau Search Engine Optimization. Hal ini tentu saja perlu agar pemasaran atau distribusi informasi terkait layanan yang dibangun oleh klien bisa ditemukan dengan mudah oleh para konsumennya di internet.

Setelah mengetahui apa itu IT Solution dan bagaimana bisnis yang dijalankan oleh perusahaan IT Solution, kini mari kita bahas siapakah yang menjadi konsumen dari penyedia jasa IT Solution ini.

Bagi sebagian orang awam, pastinya menganggap jika jasa IT Solution hanya digunakan oleh para perusahaan besar saja. Padahal, jasa IT Solution juga dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM loh. Sebab di era yang serba digital ini, hampir semua sektor usaha mulai beralih ke bisnis online yang dimana sangat membutuhkan jasa IT Solution. Tidak hanya soal pelaku bisnis usaha saja, berbagai instansi seperti pendidikan juga saat ini sudah mulai menggunakan jasa IT Solution. Contoh nyatanya adalah ujian sekolah yang dulu masih menggunakan kertas, kini sudah mulai beralih menggunakan komputer. Hal ini tentu saja menjadi bukti jika IT Solution sangat dibutuhkan untuk berbagai sektor.